Home » Bahan Tas » Bahan Tas PVC, Trend Fashion Kekinian 2024

Bahan Tas PVC, Trend Fashion Kekinian 2024

Bahan tas PVC telah menjelma sebagai pilihan utama dalam pembuatan tas kekinian. Sebagai jenis kulit sintetis yang mengagumkan, PVC menawarkan sejumlah keunggulan yang patut dipertimbangkan.

Namun, pertanyaannya mungkin muncul, Apakah tas dari bahan PVC layak untuk dibeli, bahkan dibandingkan dengan jenis kulit sintetis lainnya? Mari kita gali lebih dalam tentang bahan tas PVC ini.

Tas PVC menghadirkan serangkaian keunggulan yang membuat Anda kaget, benarkah? Daya tahan terhadap cuaca ekstrem dan kemampuan anti-air menjadikannya pilihan utama bagi para petualang urban.

Dengan daya tahan sinar UV yang luar biasa, warna tas PVC tetap cerah dan menawan seiring berjalannya waktu. Kemudahan dalam perawatan dan harga yang terjangkau semakin menambah daya tariknya.

Namun, sebagaimana yang sering terjadi, keunggulan juga disertai dengan beberapa kelemahan. Kekakuan bahan PVC membuatnya membutuhkan keahlian khusus dalam proses pembentukan dan penjahitan.

Selain itu, kurangnya sirkulasi udara dan tekstur yang kurang lembut mungkin menjadi pertimbangan bagi beberapa individu.

Namun demikian, bahan tas PVC tetap menjadi pilihan menarik bagi mereka yang mengutamakan daya tahan dan gaya.

Dengan pengetahuan yang cukup tentang kelebihan dan kekurangannya, Anda bisa membuat keputusan yang tepat sebelum membeli. Mari telusuri lebih lanjut dan temukan apakah tas berbahan PVC cocok untuk gaya dan kebutuhan Anda.

Pahami Karakteristik Bahan Tas PVC yang Sesungguhnya

bahan tas PVC
pexels.com/@kowalievska/

Dalam dunia fashion, bahan PVC atau yang dikenal juga sebagai Poly Vinyl Chloride telah menjadi primadona dalam pembuatan tas.

Popularitasnya merajai panggung lokal maupun internasional berkat kemampuannya menyerupai kulit dan fleksibilitas yang luar biasa. Tak heran, PVC sering dijadikan pilihan utama untuk berbagai produk fashion, termasuk tas.

Bahan tas PVC menawarkan kombinasi yang menggiurkan. Kualitas unggul dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan kulit asli. Permukaannya yang mengkilap dan sedikit kaku memberikan kesan mewah, sementara teksturnya yang halus menambah nilai estetika.

Berbeda dengan kulit asli atau bahan kulit PU, PVC tidak memiliki serat atau alur kasar, menjadikannya pilihan yang menarik bagi para pecinta fashion.

Keunggulan lainnya dari bahan PVC adalah ketahanannya yang luar biasa. Dengan daya tahan yang baik, tas PVC dapat menjadi teman setia dalam berbagai petualangan, menjaga gaya Anda tetap keren dalam jangka waktu yang lama.

Jadi, jika Anda mencari tas yang menggabungkan keunggulan kualitas dengan harga yang bersahabat, bahan tas PVC adalah pilihan yang bisa jadi pertimbangan utama.

Pertimbangkan Kelebihan dan Kekurangan Tas Bahan PVC Sebelum Menggunakan

Tas PVC hadir sebagai jawaban atas kebutuhan akan gaya yang tahan lama. Dengan keunggulan waterproof, PVC menjadi pilihan utama untuk menemani petualangan di segala cuaca. Tak hanya itu, daya tahan PVC terhadap sinar UV membuatnya tidak mudah pudar, menjaga warna tas tetap cerah seperti hari pertama.

Namun, seperti halnya segala sesuatu, bahan tas PVC juga memiliki sisi lain yang perlu dipertimbangkan. Meski tahan lama, kekakuan bahan membuat proses pembentukan dan penjahitan membutuhkan keahlian khusus.

Selain itu, kurangnya sirkulasi udara dan tekstur kurang lembut mungkin menjadi pertimbangan bagi beberapa orang.

Eureka sebagai perusahaan berpengalaman pembuatan tas, mengakui bahwa setiap kelebihan juga membawa tantangan.

Namun, dengan harga yang terjangkau, bahan tas PVC tetap menjadi pilihan yang menarik. Kami percaya bahwa dengan pemeliharaan yang tepat, tas PVC akan tetap mempesona dalam perjalanan Anda, sambil memastikan bahwa Anda turut berkontribusi pada pelestarian lingkungan.

Ternyata, Ada Fakta Unik dari Bahan Tas PVC, Ada yang Sudah Tahu?

Bahan tas PVC telah menjadi pilihan utama dalam dunia pembuatan tas, dan di balik kepopulerannya tersimpan fakta-fakta unik yang mungkin belum banyak diketahui. Apa saja keunikan dari bahan PVC yang selama ini banyak kalangan yang belum menyadari?

1. Lebih Tebal dari Kulit Sintetis Lain

Struktur lapisan pada bahan PVC, yang terdiri dari kain, busa, kulit, dan lapisan plastik pada permukaannya, memberikan kepadatan dan ketahanan yang luar biasa.

2. Waterproof

Keunggulan utama dari bahan PVC adalah kemampuannya yang tahan air. Struktur berlapisnya membuat tas PVC lebih mampu bertahan terhadap cipratan air, menjaga isi tas tetap kering dalam segala situasi.

3. Warnanya Tidak Mudah Luntur

Beragam pilihan warna pada bahan tas PVC tidak hanya mempesona, tapi juga memiliki ketahanan yang luar biasa terhadap warna yang tidak mudah pudar.

4. Perawatan Mudah

Berbeda dengan kulit asli yang memerlukan perawatan khusus, tas dari bahan PVC justru lebih mudah dalam perawatannya. Cukup dengan membersihkannya secara rutin menggunakan kain kering atau setengah basah.

5. Tidak Mudah Menyerap Noda

Struktur pori-pori kecil pada bahan PVC membuatnya sulit menyerap noda, menjaga tas tetap bersih dan terawat lebih lama.

6. Daya Tahan Lama

Ketebalan dan struktur lapisan membuat bahan tas PVC menjadi pilihan yang tahan lama, bahkan lebih awet dari bahan kulit PU.

Tak heran, bahan tas PVC menjadi primadona dalam dunia fashion. Namun, selain PVC, ada juga bahan kulit sintetis lain yang populer, seperti bahan kulit PU. Apa bedanya?

Pahami Perbedaan Antara Bahan PVC dan PU

Bahan PVC dan PU, meskipun keduanya merupakan bahan kulit sintetis, memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lain. Ada beberapa perbedaan yang mendasar antara keduanya, pastikan Anda memahaminya.

1. Lapisan Penyusun Bahan

PVC memiliki lapisan dasar berupa kanvas atau katun, dengan lapisan aditif bernama plasticizer yang membuat permukaannya sedikit kaku.

Sementara PU memiliki lapisan dasar dengan bahan kulit berkualitas biasa dan lapisan aditif menggunakan bahan kimia yang membuatnya terasa lebih lembut.

2. Tingkat Breathable

PVC cenderung memiliki sirkulasi udara yang kurang baik karena strukturnya yang tebal, menyebabkan tas PVC lebih mudah lembab dan berbau.

Sebaliknya, PU dengan struktur yang lebih tipis memiliki sirkulasi udara yang lebih baik. Dengan tingkat ketipisan inilah yang membuat struktur lebih lentur dibandingkan tas PVC.

3. Pori-pori Bahan

PVC memiliki pori-pori halus dan teratur, membuatnya kurang mirip dengan kulit asli. Sehingga tidak heran banyak sekali yang selalu menguggulkan bahan ini.

PU memiliki pori-pori yang lebih banyak dan lebar, memberikan tampilan yang lebih mirip dengan kulit asli, meskipun lebih rentan terhadap kotoran dan noda.

4. Harga

PVC memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan PU karena bahan penyusunnya yang lebih murah.

PU, meskipun lebih mahal, dihargai lebih tinggi karena kesamaannya dengan kulit asli dan teksturnya yang lebih mirip.

Bahan PVC sering menjadi pilihan utama untuk tas dengan harga terjangkau dan kualitas yang baik. Selain itu, pilihan warna yang beragam membuat tas PVC menjadi lebih menarik. Meskipun memiliki beberapa kelemahan, PVC tetap menjadi favorit karena keawetannya yang cukup tinggi.

Sudah tahukan perbedaan antara bahan PVC dan PU? Dengan memahami karakteristik keduanya, Anda dapat membuat pilihan yang sesuai dengan kebutuhan.

Tips Perawatan Bahas Tas PVC Agar Tahan Lama dan Tetap Elegan

bahan tas pvc adalah
pexels.com/@kowalievska

Jika sudah tahu secara keseluruhan mengenai bahan tas PVC, dan Anda sudah memiliki jenisnya. Saatnya untuk perawatan yang intens, agar tas Anda tidak mudah rusak dan tetap awet dan cantik. Apakah mudah untuk merawatnya?

1. Rutin Membersihkan Tas

Tas berbahan PVC, seperti halnya tas lainnya, membutuhkan perawatan rutin untuk tetap terlihat menarik dan tahan lama.

Untuk membersihkannya, gunakan sabun mandi atau sabun cair untuk menghilangkan noda membandel. Jika tidak ada noda yang sulit, lap saja permukaannya dengan kain bersih yang halus.

2. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Sinar matahari langsung dapat merusak tas PVC Anda. Sebaiknya hindari menyimpan atau menggunakan tas di tempat yang terpapar langsung sinar matahari.

3. Simpan di Tempat yang Tepat

Setelah penggunaan atau membersihkan tas PVC, pastikan untuk mengeringkannya terlebih dahulu untuk mencegah kelembaban yang dapat menyebabkan bau atau jamur. Namun, pastikan untuk tidak mengeksposnya langsung ke sinar matahari agar tidak merusak bahan.

Saat menyimpan, pastikan suhu ruangan berkisar antara 19 hingga 23 derajat Celsius. Hindari menumpuk tas secara berlebihan agar tidak menempel satu sama lain atau berpotensi berjamur.

Dengan perawatan yang tepat, bahan tas PVC Anda akan tetap cantik dan awet untuk digunakan dalam berbagai kesempatan.

Apabila sudah tahu karakteristik, kelebihan, kekurangan serta fakta unik dari bahan tas PVC, pasti Anda tertarik membuat dengan desain sendiri. Jangan khawatir, sekarang sudah ada eureka.id yang siap membantu pembuatan tas secara profesional. Konsultasikan kebutuhan dan keinginan Anda dengan mengunjungi web resmi eureka.id.

WhatsApp
Facebook
Twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *